Connect with us

Lifestyle

6 Rekomendasi Wisata Alam di Semarang Beserta Harga Tiketnya

Published

on

Semarang – Buat kamu yang sedang berlibur di Semarang tapi jenuh main di mal atau di seputar kota, jangan bingung ya! GenZpedia akan kasih beberapa referensi wisata alam yang bisa banget kalian kunjungi.

Berikut 7 wisata alam Semarang yang bisa kamu kunjungi :

1. Gunung Ungaran

Wisata alam Semarang yang pertama ini berada di Ungaran, Kabupaten Semarang. Gunung berapi yang bertipe stratovolcano ini memiliki ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Untuk mendaki Gunung Ungaran kamu bisa lewat jalur Mawar, Promasan, dan Gedong Songo.

Gunung Ungaran buka tiap hari 24 jam. Harga tiketnya Rp 15.000 per orang. Buat pendaki pemula, puncak wisata alam Semarang ini bisa kamu tempuh sekitar 7 jam. Ada basecamp di tiap awal jalur pendakiannya. Dari puncak Gunung Ungaran saat malam hari, kamu bisa melihat kerlap-kerlip Kota Semarang yang tak pernah tidur.

2. Umbul Sidomukti

Wisata alam Semarang yang kedua ini berada di kaki Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Umbul Sidomukti berupa kolam renang yang langsung menghadap ke pegunungan. Airnya jernih dan segar karena bersumber dari Gunung Ungaran.

3. Rawa Pening

Wisata alam Semarang yang ketiga ini berada di wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa pening merupakan danau seluas 2.670 hektare di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Rawa pening punya 4 zona wisata yaitu Sabana, Bukit Cinta Rawa Pening, Menara Eiffel Tepi Danau, dan Rumah Apung. Di wisata alam Semarang ini ada restoran, area parkir luas, toilet, mushola, serta wahana permainan. Rawa Pening buka tiap hari, harga tiket masuknya Rp 15.000. Di sini kamu juga bisa berperahu mengelilingi rawa.

4. Pantai Marina

Wisata alam Semarang yang keempat ini berada di Desa Tawang Sari, Kota Semarang. Seperti Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah lainnya, Pantai Marina ini spesial buat para pemburu eloknya panorama matahari kala tenggelam (sunset).

Fasilitas di wisata alam Semarang ini juga komplet, dari tempat parkir, gazebo, warung, rumah makan, kamar mandi, mushola, wahana permainan, spot memancing, dan sunset view point. Pantai Marina buka tiap hari pukul 05.00 sampai 20.00 WIB. Harga tiketnya Rp 5.000 per orang.

5. Eling Bening

Wisata alam Semarang yang kelima ini berupa resor di puncak bukit dengan pemandangan 8 gunung. Dari resor ini kamu juga bisa melihat hamparan Rawa Pening. Eling Bening berada di Jalan Sarjono, Bawen, Semarang.

Terdapat berbagai fasilitas menarik di Eling Bening seperti kolam renang berlatar pemandangan alam Ambarawa. Berenang di Eling Bening seolah sedang berenang di atas awan. Di sini juga ada restoran dengan dua konsep berbeda, yaitu restoran berlatar Rawa Pening dan panorama gunung. Satunya lagi berkonsep garden resto.

Fasilitas lainnya di wisata alam Semarang ini ialah spot foto, toko souvenir, arena outbound, camping ground dan taman bunga. Eling Bening buka tiap hari jam 07.00-18.30 WIB. Tiap Senin-Kamis tiketnya Rp 25.000. Sedangkan pada Jumat-Minggu tiketnya Rp 30.000. Tiket masuk kolam renang Rp 20.000.

6. Curug Lawe

Wisata alam Semarang yang keenam ini berada di Lereng Gunung Ungaran, Desa Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang. Konon, jumlah air terjun di sini, besar hingga kecil, berjumlah 25 atau selawe dalam bahasa Jawa, itulah kenapa namanya Curug Lawe.

Suasana di wisata alam Semarang ini begitu tenang dan damai. Dalam perjalanan ke Curug Lawe, kamu akan melewati jalan hutan nan asri dengan pemandangan Puncak Gunung Ungaran. Di sini juga ada satu ikon yaitu Jembatan Romantis. Curug Lawe buka tiap hari pada 06.00-14.00 WIB. Tiket masuknya Rp 8.000.

Bagikan ini
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *