Connect with us

News

Melalui Program ‘Jumat Curhat’, Jajaran Polres Tarakan Tampung Aspirasi para Nelayan

Published

on

TARAKAN, GENZPEDIA – Jajaran Polres Tarakan menggelar silaturahmi untuk mendengarkan aspirasi serta keluh kesah para nelayan melalui program ‘Jumat Curhat,’ pada Jumat 30 Desember 2022.

“Kegiatan ini merupakan upaya dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Ini akan menjadi program rutin,” kata Kapolres Tarakan AKBP Taufik Nurmandia pada Jumat 30 Desember 2022.

Ia mengatakan bahwa program yang dilakukan secara serentak di Polda hingga Polsek itu telah mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Jadi ada program kapolri, untuk minggu ini diadakan program ‘Jumat Curhat’ secara serentak, setiap kapolsek, kapolres, kapolda adakan ‘Jumat Curhat,’ dengarkan aspirasi dari masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua PNKT Kota Tarakan, Rustam menyebut sudah seharusnya pemerintah hingga pihak kepolisian bisa mendengar persoalan di masyarakat.

Rustam pun mengaku senang, karena dalam pertemuan tersebut para nelayan dapat menyampaikan langsung aspirasi dan keluhan mereka.

“Kalau perlu setiap bulan harus ada kegiatan seperti ini untuk dengar apa si masalanya, apa yang harus dilakukan. Sebagai nelayan sangat berterima kasih adanya undangan seperti ini,” kata Rustam.

Menurutnya, para nelayan banyak yang mengeluhkan terkait dengan adanya Kapal Ponton berjangkar diperairan Pulau Sadau dan tidak diberikan tanda berupa lampu, sehingga rawan terjadi kecelakaan.

“Sehingga rawan terjadi tabrakan/laka laut di malam hari dan alat tangkap ikan yang tidak diberi tanda berupa lampu di malam hari didaerah Perairan Tanjung Pasir serta bangkai kapal ubur-ubur yang telah karam diperairan Pulau Keciak hingga saat ini belum diangkat oleh pihak perushahaan. Sehingga mengganggu aktivitas nelayan di perairan tersebut,” katanya.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh AKBP Taufik itu, Rustam mengatakan bahwa para nelayan berharap agar Pemerintah Kota Tarakan dapat menyediakan pelampung untuk para nelayan.

Selain itu, dalam acara tersebut juga dihadiri oleh pejabat utama Polres Tarakan di antaranya Kasat Lantas, Kasat Narkoba, Kasat Intel, Kasat Polair, Kasi Propam dan Kasi Humas Polres Tarakan.

Kemudian ada Ketua Persatuan Nelayan Kota Tarakan (PNKT) Rustam dan Korlap Team Lapangan PNKT Daerah Perikanan Takdir, serta perwakilan nelayan yang berjumlah kurang lebih 20 orang.

Bagikan ini