Connect with us

News

UIN Ar-Raniry Raih Predikat Unggul di Milad ke-60, DEMA Kasih Apresiasi ke Rektor Prof Mujiburrahman

Published

on

JAKARTA, GENZPEDIA – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat ‘Unggul’ dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 24 Oktober 2023 lalu. 

Predikat tersebut juga menjadi hadiah terbaik di milad UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang ke-60 ini. Sehingga, menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang meraih predikat unggul pertama dengan standar kriteria. 

Capaian tersebut pun tak lepas dari kerja keras dan dedikasi seluruh elemen civitas akademika yang terus menguatkan komitmen Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman untuk mengembangkan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam sinergi, kolaborasi dan inovasi. 

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ilham Rizky Maulana mengaku bahwa selama memimpin DEMA, dirinya banyak mendapat dukungan serta bimbingan dari rektor. 

Hal itu diungkapkan Ilham dalam diskusi santai dengan Mahmudal Hakim selaku Menko Polhukam DEMA UINAR itu. 

Menurutnya, banyak dampak positif dari kebijakan yang beliau keluarkan yang tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa. 

“Pencapaian ini jangan sampai menjadi titik akhir dalam perjalanan membawa kemajuan bagi kampus tercinta, ini merupakan langkah awal bagi kita semua untuk menuju kampus yang melahirkan banyak cendikiawan dan intelektual islam kedepannya,” kata Ilham dikutip pada Sabtu 2 Desember 2023. 

Sementara itu, Mahmudal Hakim juga mengaku banyak bersyukur memiliki sosok rektor seperti Prof Mujiburrahman yang dinilai memiliki visi dan juga program-program yang sangat hebat dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat banyak. 

“Ini adalah energi positif yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa UIN Ar-Raniry untuk menunjang pengembangan serta kemajuan UIN Ar-Raniry,” kata Hakim. 

Ia pun berharap agar ke depannya seluruh harapan serta impian UIN Ar-Raniry dapat tercapai melalui kepemimpinan Prof Mujiburrahman. 

“Dan dapat membawa UIN Ar-Raniry Banda Aceh mampu bersaing di kancah Nasional maupun Internasional,” ujarnya. 

Sekedar informasi, Prof Mujiburrahman sebelumnya resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada 28 Juli 2022 dan diambil sumpahnya oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas. 

Prosesi pelantikan itu berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

Sebagai dampak perkembangan dan kemajuan universitas, rektor UIN Ar-Raniry juga turut mengoptimalkan pelaksanaan tugasnya sehingga berdampak positif terhadap semua kalangan baik itu civitas akademika maupun mahasiswa. 

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan tersebut, terdapat sejumlah kontribusi rektor terhadap mutu UIN Ar-Raniry. 

Pertama, Prof Mujiburrahman dinilai sebagai sosok yang sangat pro terhadap mahasiswa dalam beberapa hal yang ditunjukkan secara nyata. Hal ini dapat dibuktikan bahwa rektor siap dan sigap untuk audiensi bersama organisasi mahasiswa dan mahasiswa ditengah kesibukannya. 

Kedua, dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), rektor melakukan upaya peningkatan kualitas dengan terus menerus dan tidak terbatas terhadap tenaga pendidik dan mahasiswa. 

Bahkan, tercatat pada bulan November 2023 lalu telah dikukuhkannya delapan Guru Besar baru di kampus biru tersebut. 

Ketiga, sarana dan prasarana UIN Ar-Raniry mulai diperbaiki yang dilakukan secara bertahap. 

Hal ini dapat dibuktikan dengan perbaikan jalan utama di perkarangan kampus, Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Ar-Raniry (PKM) yang sudah di renovasi, serta renovasi mesjid Fathun Qarib yang akan dilakukan dalam waktu dekat. 

Keempat, adanya kegiatan penunjang akademik dalam perayaan Milad UIN Ar-Raniry ke 60. 

Milad UIN Ar-Raniry melaksanakan berbagai macam kegiatan, seperti jalan sehat yang diikuti sekitar 2000 peserta dari berbagai kalangan. 

Kegiatan ini ditutup dengan acara sidang senat terbuka pada hari Kamis 30 November 2023 dan juga kanduri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bagikan ini